Minggu, 20 Februari 2011

Cara Sholat Nabi

Sifat Shalat Nabi

Segala puja dan puji hanya bagi Alloh Subhanahu wa ta’ala, sang pemilik langit dan bumi beserta segala isinya. Kami memuji, meminta pertolongan dan memohon ampun kepada-Nya. Kami berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri dan keburukan amal perbuatan.
Kami bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Alloh, tiada sekutu bagiNya, dan kami bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba dan utusan-Nya. Wa ba’d.
Shalat adalah ibadah yang paling penting yang telah diajarkan oleh Rosululloh SAW kepada umatnya. Ia merupakan rukun Islam yang ke dua setelah kalimat syahadat “Asyhadu an la ilaha illalloh wa asyhadu anna Muhammadan Rosululloh”
Dalam perkara shalat, Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam pernah bersabda “shallu kama roaitumuni ushalli” yang artinya: shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat. Jadi maknanya perkara shalat telah ada tuntunanya dari Rosululloh SAW, mulai dari takbiratul ikram hingga salam. Maka kewajiban kita sebagai seorang Muslim adalah mengikuti apa yang telah beliau lakukan agar shalat yang kita lakukan benar.
Dalam buku Sifat Shalat Nabi yang ditulis oleh Syaikh Nashiruddin Al Albany telah dijelaskan secara terperinci bagaimana Nabi melakukan shalat, baik yang berhubungan dengan hal-hal yang wajib, sunah-sunnahnya serta adab-adabnya. Mulai dari cara takbiratul ikram, posisi ruku’, sujud, doa dalam shalat dan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan shalat.
Beliau dalam menyusun buku ini mengambil dari hadits-hadits shahih, serta
menyebut perkataan empat imam madzhab seputar kewajiban kaum muslimin untuk mengikuti dan berpegang teguh dengan hadits yang shohih. Pada akhirnya saya mengharap agar usaha ini bermanfaat bagi kaum Muslimin. Saya memohon kapada Alloh Azza wa Jalla agar usaha ini ikhlas semata-mata mengharap ridho Alloh dan menjadi amal kebaikan yang akan menambah berat timbangan amal kebaikan saya di akhirat nanti, amin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification